Kamis, 03 November 2011

Hukum Mawaris Islam

Oleh: Hj . Ratu Haika

Hukum  kewarisan  Islam  pada  dasarnya berlaku  untuk  seluruh
umat Islam di dunia. Sungguhpun demikian, corak suatu negara Islam
dan kehidupan di negara atau daerah tersebut memberi pengaruh atas
hukum  kewarisan  di  daerah  itu.  Pengaruh  itu  terbatas  pada  perkara
yang bukan merupakan hal pokok atau esensial dalam ketentuan waris
Islam.
       Khusus    hukum    kewarisan    Islam  di  Indonesia,   ada  beberapa
perbedaan  dikalangan  para  fuqaha  yang  pada  garis besarnya  terbagi
menjadi  dua  golongan,  yaitu: pertama ,  yang  lazim       disebut  dengan
madzhab sunny  (madzhab Hanafi,Maliki, Syafi' i, dan Hambali) yang
cenderung    bersifat  patrilineal  dan     kedua,   ajaran  Hazairin    yang
cenderung bilateral.
       Dalam  perkembangan       hukum    Islam   di Indonesia   selanjutnya
lahirlah  Kompilasi  Hukum  Islam  (KHI),  setelah  eksistensi  Peradilan
Agama     diakui   dengan   hadirnya    UU   No.   7   tahun   1989   tentang
Peradilan  Agama. KHI  adalah  kitab  yang merupakan himpunan  atau
rangkaian   kitab   Fiqh,  serta  bahan-bahan    lainnya   yang   merupakan
hukum     materil   PA    dalam     meyelesaikan     masalah    perkawinan,
kewarisan dan wakaf.
       Kehadiran     KHI     ini  dilatarbelakangi     antara   lain   karena
ketidakpastian   dan  kesimpangsiuran  putusan  PA  terhadap        masalah-
masalah    yang   menjadi    kewenangannya,       disebabkan    dasar   acuan
putusannya  adalah  pendapat  para  ulama  yang  ada  dalam  kitab-kitab

         Penulis adalah Tenaga Pengajar Pada Jurusan Syariah STAIN Samarinda





Tidak ada komentar:

Posting Komentar